Pro dan Kontra Bisnis MLM
Spionase.id - MLM sebagai suatu sistem bisnis simple yg saat ini sedang merebak, merupakan salah 1 cara untukmelatih kemampuan mengembangkan jaringan, relasi, dan juga meningkatkan keuanganMLM adalah suatu sistem bisnis multi level marketing yg menjanjikan keuntungan yang berlimpah dengan mengajak orang lain join di sistem tersebut (agak mirip2 sales ya)
Kehebatan MLM sebagai suatu pengembangan produk/perusahaan yang sukses, dapat terlihat dari banyaknya hal-hal yang saat ini menganut sistem multi levelbahkan sunlight pun menerapkan agen 1001 sunlight yang juga merupakan sistem multilevel marketing
MLM adalah sistem penjualan yang memanfaatkan konsumen sebagai tenaga penyalur secara langsung. Harga barang yang ditawarkan di tingkat konsumen adalah harga produksi ditambah komisi yang menjadi hak konsumen karena secara tidak langsung telah membantu kelancaran distribusi.
berbeda dengan sistem marketing biasa,dimana para pegawai perusahaan yang bersangkutanlah yg melakukan promosi mengenai produk perusahaan tsb, MLM bermain lebih "cerdas" dengan menimpalkan pemasaran ditekankan kepada konsumen yg memakai.
pro dan kontra dari sistem MLM ini mulai banyak bermunculan. tidak sedikit orang yg mengecam dan menganggap bahwa MLM atau orang-orang yang bergerak di bidang MLM adalah menyebalkan dan merepotkan
mari kita simak analogi berikut :
- pegawai MLM A memasarkan produk pil penghemat bbmnya ke temannya yg fanatik mlm, lalu setelah cuap2 si objek ga mau ikut join dan malah mencaci dalam hati
- kini objek yg tadi berganti menjadi subjek. si subjek ini habis makan bread talk (ini ceritanya bread talk baru keluar) lalu dengan senang hatinya dia berbicara kepada teman2nya akan kenikmatan bread talk dan bersama2 makan bread talk
1 dan 2 sama, sama2 promosi, sama2 ngabisin duit, dan toh sama2 mengkonsumsi produk tersebut. tapi mengapa kok kesannya MLM lebih di diskreditkan??
mari kita simak analogi berikut
media 2 adalah media standard yg biasa digunakan oleh masyarakat. promosi secara tidak langsung, bahkan yg lebih menyedihkannya lagi adalah, media 2 ini si pengajak ga dapat untung apa2, inilah makanya JCO,Bread talk,KFC,MCD ga menggunakan sistem MLM (kalo memakai sistem MLM bisa bangkrut kali ya)
media 1 adalah media MLM, menyebarkan produk lewat promosi dsb.
mengapa MLM banyak di diskreditkan masyarakat??
survey membuktikan:
- Orangnya kesannya memaksa (padahal kalo di sistem nomor 2 juga sama2 maksa,hanya saja ga keliatan)
- Orang2nya nyebelin (bahkan saya ga tau apa yg nyebelin, lebih nyebelin dewi persik kali ya??)
- Kebanyakan MLM adalah bisnis tipu menipu
Recheck kembali nomor 3, HAMPIR almostly 99.9999999999999999% pedoman marketing adalah menghebohkan menonjolkan keunggulan, dan meniadakan kekurangan, tidak terkecuali MLM ataupun media pemasaran biasa.
jadi saya rasa anime masyarakat akan kebobrokan dan kejelekan sistem MLM adalah salah besar.
MLM justru adalah sistem yg diadopsi dari sistem nomor 2, cara cerdas untuk menyebar luaskan keunggulan suatu produk, dengan sistem menyejahterakan masyarakat (di sistem nomor 2 kita ga mendapat apa2 loh) dengan memberi keuntungan bagi para pelaku MLM
apakah MLM bisa bikin kaya ??? jawabannya YA
apakah semua pelaku MLM bisa kaya?? jawabannya apakah semua yg membuka bisnis bisa kaya?? kalau iya maka semua orang di dunia ini adalah orang kaya
prinsipnya jelas
siapa yg bekerja keras, dialah yg akan meraih kesuksesan,tidak peduli di bisnis manapun, sebab jika anda percaya Tuhan,, maka Tuhan tidak akan membiarkan umat2nya bekerja keras tanpa mendapat apapun sebagai imbalan.